Revitalisasi Pariwisata dan UMKM: Universitas Padjajaran Bandung Maksimalkan Pemasaran Digital di Desa Cikahuripan

Revitalisasi Pariwisata dan UMKM: Universitas Padjajaran Bandung Maksimalkan Pemasaran Digital di Desa CikahuripanUniversitas Padjajaran Bandung (UNPAD), bersama Desa Cikahuripan Lembang, meluncurkan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan mengoptimalkan pemasaran digital guna mengembangkan potensi Desa Wisata Tangguh Bencana dan UMKM di Desa Cikahuripan.

Tepat di Balai Desa Cikahuripan, acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Cikahuripan, Perangkat Desa Cikahuripan, Dosen dari UNPAD, Ketua BUMDES Maju Bersama Cikahuripan, UMKM di Desa Cikahuripan, dan mahasiswa UNPAD.
Program ini melibatkan mahasiswa dan dosen dari Universitas Padjajaran Bandung yang bekerja sama dengan masyarakat Desa Cikahuripan. Fokus utama program ini adalah optimalisasi pemasaran digital. Pemasaran digital terbukti efektif memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing usaha, terutama di sektor wisata dan UMKM.

Masyarakat Desa Cikahuripan Lembang akan menerima pelatihan dan pendampingan mengenai pemasaran digital dalam program ini. Mereka akan mempelajari bagaimana memanfaatkan media sosial, pembuatan situs web, optimasi mesin pencari, dan strategi pemasaran digital lainnya. Tujuannya adalah agar mereka dapat memasarkan produk dan potensi desa secara lebih efektif kepada wisatawan dan konsumen potensial.

Program ini juga bertujuan mengembangkan potensi Desa Wisata Tangguh Bencana di Desa Cikahuripan. Konsep desa wisata tangguh bencana bertujuan membuat desa siap menghadapi bencana, menjaga kelestarian lingkungan, dan memanfaatkan potensi wisata. Masyarakat Desa Cikahuripan Lembang akan diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kebencanaan, seperti evakuasi, pemulihan pasca-bencana, dan manajemen risiko.

Selain itu, program ini memberikan dukungan kuat dalam pengembangan UMKM di Desa Cikahuripan. UMKM berperan penting dalam perekonomian desa, dan melalui program ini, mereka akan diberikan pendampingan, pelatihan, dan akses pasar yang lebih luas. Harapannya, hal ini akan meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM, sehingga memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat Desa Cikahuripan.

BACA JUGA :   Kunjungan/Studi Tiru dari PKK se-Kabupaten Jembrana Provinsi Bali ke Desa Cikahuripan

Setelah pelaksanaan program ini, diharapkan akan terlihat hasil yang positif. Masyarakat Desa Cikahuripan Lembang akan merasakan manfaat nyata dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Padjajaran. Optimalisasi pemasaran digital dapat membantu meningkatkan visibilitas dan daya tarik wisata Desa Cikahuripan. Kunjungan wisatawan ke desa ini meningkat secara signifikan berkat strategi pemasaran yang efektif.

Wisatawan akan lebih mudah menemukan informasi tentang destinasi wisata di Desa Cikahuripan Lembang melalui situs web dan media sosial. Konten yang menarik dan informatif membantu mereka memahami potensi wisata yang ditawarkan, seperti keindahan alam, trekking, dan aktivitas wisata lainnya. Wisatawan juga lebih mudah melakukan reservasi dan berinteraksi dengan masyarakat lokal melalui platform digital.

Program ini juga memberikan dorongan yang kuat bagi pengembangan UMKM di Desa Cikahuripan. Dengan bantuan pemasaran digital, UMKM dapat meningkatkan eksposur produk mereka kepada pasar yang lebih luas. Masyarakat diajarkan cara memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk mempromosikan produk lokal mereka. Mereka juga menerima bimbingan dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan, sehingga dapat bersaing dengan UMKM dari daerah lain.

Selain peningkatan kunjungan wisatawan dan pendapatan UMKM, diharapkan program ini juga meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan desa. Masyarakat Desa Cikahuripan Lembang semakin menyadari pentingnya kelestarian lingkungan dan keberlanjutan dalam mengembangkan potensi wisata dan UMKM mereka. Mereka terlibat aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan desa serta mengikuti pelatihan dan pembinaan yang diberikan oleh program.

Secara keseluruhan, program pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Padjajaran Bandung ke Desa Cikahuripan Lembang, dengan fokus pada optimalisasi pemasaran digital, memberikan dampak positif. Potensi Desa Wisata Tangguh Bencana dan UMKM di Desa Cikahuripan Lembang diharapkan terus berkembang dan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Universitas Padjajaran Bandung berharap bahwa program ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan pemasaran digital untuk mengembangkan potensi lokal dan mendorong pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA :   Rumah Warga Roboh di Wilayah Desa Cikahuripan Kec. Lembang Kab. Bandung Barat

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirimi kami Pesan