Kunjungan Studi Tiru Kepala Desa dari Kabupaten Bengkulu Selatan

Kunjungan Studi Tiru Kepala Desa se-Kecamatan Manna, Ulu Manna dan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan ke Desa Cikahuripan Kec. Lembang Kab. Bandung Barat – Hari ini, selasa 5 Desember 2023, para kepala desa dari Manna, Ulu Manna, dan Kedurang Ilir di Bengkulu Selatan melakukan kunjungan ke Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang, Bandung Barat.Dihadiri oleh tokoh-tokoh seperti Kepala Desa Cikahuripan, Ketua BPD Desa Cikahuripan, Bapak Rasdiman, S.Pd, dan Bapak Camat Kecamatan Manna dan Ulu Manna serta para peserta studi tiru dari Kepala Desa se-Kecamatan Manna, Ulu Manna, dan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan.

Maksud dan Tujuan Kunjungan

Bapak Camat Kecamatan Manna

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan Camat Kecamatan Manna yang menjelaskan maksud dan tujuannya berkunjung ke Desa Cikahuripan. Mereka ingin memahami tata kelola peternakan sapi dan domba serta pengelolaan Desa Wisata di Desa Cikahuripan. Perwakilan tersebut menyampaikan bahwa di daerah mereka, peternakan masih berjalan secara liar dan belum terorganisir.

Selayang Pandang Desa Cikahuripan

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyajian video sekilas Selayang Pandang Desa Cikahuripan. Video ini memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan dan potensi desa sebagai destinasi wisata yang menarik.

Pemaparan Kepala Desa Cikahuripan

Bapak Kepala Desa Cikahuripan tengah memberikan sambutan

Setelah itu, Kepala Desa Cikahuripan memberikan sambutan selamat datang dan menjelaskan lebih lanjut tentang peternakan di Desa Cikahuripan. Setiap pemilik ternak, khususnya sapi atau domba, telah memiliki kandang sendiri-sendiri yang dijaga kebersihannya dengan sangat baik, apalagi menurut pernyataan salah satu peserta, bahwa di daerahnya sapi masih liar keberadaanya, tidak seperti di Cikahuripan yang sudah memiliki kandang dan identitas ciri masing-masing oleh pemiliknya.

BACA JUGA :   Meriahnya Pawai Obor: Tahun Baru Islam 1445 H di Desa Cikahuripan

Pengembangan Usaha Peternakan

Penting untuk dicatat bahwa pengembangan usaha peternakan menjadi fokus utama dalam kunjungan studi ini. Kepala Desa Cikahuripan menekankan betapa pentingnya memiliki kandang yang terorganisir dan menjaga kebersihan, aspek-aspek ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan hewan ternak.

Tata Kelola Desa Wisata

Tidak hanya tentang peternakan, kunjungan ini juga bertujuan untuk memahami tata kelola Desa Wisata. Desa Cikahuripan telah berhasil mengembangkan potensi wisata lokalnya, dan para kepala desa peserta studi tiru dapat mengambil inspirasi untuk menggali potensi serupa di daerah mereka masing-masing.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Bagaimana hasil studi tiru ini dapat memengaruhi pengelolaan peternakan di daerah masing-masing?
Kunjungan ini memberikan wawasan langsung tentang praktik terbaik dalam tata kelola peternakan. Para kepala desa dapat menerapkan pengetahuan ini untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan peternakan di daerah mereka.

Apa saja potensi pengembangan Desa Wisata yang dapat diadopsi oleh kepala desa peserta studi tiru?
Desa Cikahuripan telah berhasil menggali potensi wisata lokal. Para kepala desa dapat mempertimbangkan diversifikasi kegiatan wisata dan pemberdayaan masyarakat lokal untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah mereka.

Bagaimana cara menjaga kebersihan kandang sapi atau domba yang efektif?
Kepala Desa Cikahuripan menekankan pentingnya kandang yang bersih. Para pemilik ternak sebaiknya rutin membersihkan kandang, menjaga kebersihan pakan, dan memberikan perawatan kesehatan yang baik kepada hewan ternak.

Apakah ada tantangan khusus yang dihadapi dalam pengelolaan peternakan di Desa Cikahuripan?
Dalam pemaparannya, Kepala Desa Cikahuripan menyebutkan bahwa di daerahnya, peternakan masih secara liar dan belum terorganisir. Oleh karena itu, tantangan utama adalah mengorganisir dan meningkatkan sistem pengelolaan peternakan.

Bagaimana cara menggali potensi wisata lokal di suatu daerah?
Desa Cikahuripan dapat dijadikan contoh sukses dalam mengembangkan potensi wisata lokal. Kepala desa sebaiknya melakukan kajian potensi lokal, melibatkan masyarakat, dan mengidentifikasi daya tarik unik yang dapat menarik wisatawan.

BACA JUGA :   Rumah Warga Roboh di Wilayah Desa Cikahuripan Kec. Lembang Kab. Bandung Barat

Apakah ada program khusus yang diimplementasikan oleh Desa Cikahuripan untuk mendukung peternakan dan pariwisata?
Pada sambutannya, Kepala Desa Cikahuripan tidak hanya memberikan sambutan hangat tetapi juga memberikan pemaparan singkat tentang upaya-upaya konkret yang dilakukan untuk meningkatkan sektor peternakan dan pariwisata di desanya.

Kesimpulan

Kunjungan studi tiru ini membawa manfaat besar bagi pengembangan peternakan dan pariwisata di daerah-daerah sekitarnya. Semoga inisiatif semacam ini dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah secara keseluruhan.

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirimi kami Pesan